INACOS ?

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kBQ129h0V6A

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu laboratorium yang ada di kampus telkom university sebenarnya banyak sekali laboratorium yang ada di telkom university tapi di sini saya akan membahas INACOS terlebih dahulu.

Apa sih INACOS Laboratorium?
INACOS Laboratorium adalah tempat atau wadah untuk mahasiswa dan dosen teknik elektro untuk berbagi ilmu dan pengalaman mengenai penelitian yang akan dikerjakan.

Lalu apa saja penelitian yang di kerjakan INACOS Laboratorium?
INACOS memilki 3 penelitian yang dikerjakan yaitu :
  • Robotics, information and autonomous control system
  • Renewable Energy
  • Electric Car
Lalu maksud dari penelitian tersebut mengerjekan tentang apa?
1.Robotics, Infmation and Autonomous Control System
Pertama saya akan membahas penelitian apa sih yang dilakukan pada devisi robotics, infmation and autonomous control system. Jadi di penelitian ini INACOS fokus pada penelitian robot kerja otomatis, maksudnya yaitu fokus membuat robot pekerja otomatis seperti robot industri. Robot industri sendiri bermacam macam yang pernah di buat oleh INACOS adalah robot otomatis untuk mengantar barang yang beratnya ber kilo kilo contoh gambarnya seperti ini :
Android Control AGV
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kBQ129h0V6A

Industrial Partnership
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kBQ129h0V6A

Itu adalah beberapa alat yang dibuat oleh INACOS yang sangat bermanfaat untuk keperluan mempermudah suatu pekerjaan industri dll.

2.Reneweble Energy
Lalu yang kedua saya akan membahas mengenai penelitian reneweble energy. Pertama apa itu reneweble energy? jadi reneweble energy itu adalah energi yang berasal dari sumber-sumber alamiah seperti sinar matahari, angin, hujan, geothermal dan biomassa. Jadi dalam penelitian ini berfokus kepada alat yang bisa menghasilkan suatu energi yang bersumber dari energi alam contohnya seperti alat pembangkit listik tenaga angin (alatnya seperti kincir angin), lalu pembangkit listrik tenaga panas matahari (alatnya seperti panel surya). Disini saya akan memberi contoh  gambar alat alatnya tetapi saya belum tau mengenai alat yang dibuat oleh INACOS jadi pada gambar ini saya hanya memberi contoh dari alat yang dibuat orang lain :
Kincir Angin Pembangkit Listrik
Sumber : http://belajarelektronika.net/cara-membuat-kincir-angin-pembangkit-listrik-sederhana/

Panel Surya
Sumber : http://panelsuryajakarta.com/panels-surya-adalah/

3. Electric Car
Yang terakhir adalah penelitian electric car. Sebelum membahas penelitian disini saya akan membahas apa itu electric car. Electic car atau bisa disebut mobil listrik adalah mobil yang digerakkan oleh satu atau lebih motor listrik, menggunakan energi listrik yang tersimpan dalam baterai isi ulang, sama seperti mobil biasa pada umumnya tetapi tenaga yang digunakan berbeda misal mobil biasa itu menggunakan minyak bumi atau bensin tetapi mobil listrik menggunakan tenaga listrik. INACOS telah membuat beberapa karya electic car dan ini adalah salah satu karya buatan INACOS Laboratorium :

Itu adalah beberapa bagian devisi dari INACOS Laboratorium. Nah lalu sebenarnya lokasi INACOS sendiri itu dimana?
Sumber : Google Maps

Sesuai di gambar jadi lokasi INACOS itu sendiri di Telkom University tepatnya di Fakultas Teknik Elektro lebih rincinya yaitu di gedung N ruang N315 jadi jika kalian ingin kesana tinggal lihat saja lokasi yang saya sudah share dan menuju ruangannya. Dan saya juga akan menshare profil INACOS dan beberapa karya yang telah di buat oleh INACOS.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kBQ129h0V6A

Nah itu dia hal hal mengenai INACOS, saya ucapkan terima kasih telah membaca dengan seksama mudah mudahan bermanfaat. Amin.





Komentar

Postingan Populer