PLTA INDONESIA

PLTA INDONESIA


Pengertian PLTA
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari airuntuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan dari ini biasa disebut sebagai hidroelektrik.


Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah motor yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Namun, secara luas, pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

Indonesia memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air diantaranya :

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata.


     Mulai beroperasi pada tahun 1999pembangkit ini terlatak di Provinsi Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Cianjur,Purwakarta dan Kabupaten Bandung. PLTA ini mempunyai kapasitas 8 x 126 MW sehingga kapasitas terpasang 1.008 MW sehingga menghasilkan produksi listrik sekitar 1.428 MW Gigawatt Hour (GWh) pertahun. 


2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sigura-gura.


   Pembangkit ini terlatak di Provinsi Sumatera Utara, memanfaatkan hulu sungai Asahan (Danau Toba). Mulai dibangun tahun 1978 dan selesai pada tahun 1981, semulanya PLTA ini dibangun untuk dayamemenuhi energi listrik untuk PT. Inalum perusahaan peleburan aluminium. PLTA ini menghasilkan listrik 209 MW.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso II.


    Pembangkit ini terletak di Desa Sulewana, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah. Memanfaatkan Aliran Sunga Poso, PLTA ini mulai digagas pembangunannyapada tahun 2004 dan mulai produksi pada pertengahan 2004 dengan kapasitas energi listrik 3 x 65 MW. 

4. Pembangkit LIstrik Tenaga Air (PLTA) Jatiluhur


      Bendungan ini merupakan Bendungan terbesar di Indonesia, terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Mulai dibangun pada tahun 1957 dan dikerjakan oleh kontraktor dari Prancis. PLTA ini menghasilkan tenaga listrik 187 MW.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tangga.


  Pembangkit ini terletak di Asahan, Sumatera Utara, Memanfaatkan Aliran Sungai Asahan dari Danau Toba. PLTA ini mempunyai 4 unit turbin dengan masing-masing kapasitas 71.50 MW sehingga menghasilkan energi listrik sebesar 317 MW.

Komentar

Postingan Populer